Senin, 05 Juli 2010

Knight And Day

Coba tengok dua film terakhir yang dibintang utamai oleh Tom Cruise, Lions For Lambs dan Valkyrie apa kedua film tersebut mengena dihati anda? Saya rasa tidak. Tampak dari awal memang film tersebut seakan hanya ingin diikut sertakan lewat ajang festival saja sehingga tidak mengherankan jika perolehan labanya pun tidak memuaskan. Tapi sayang pada kenyataannya pun Lions For Lambs dan Valkyrie tidak dilirik para juri festival untuk ikut serta dalam jajaran yang terbaik. Hanya lewat Tropic Thunder lah ia berhasil angkat nama lewat tampilan sekilas yang hebatnya membuahkan nominasi Golden Globe untuk dirinya. Dan ditahun 2009 ia otomatis tidak bermain dalam satu film pun.

Seakan ingin membuktikan bahwa namanya masih diperhitungkan guna kelarisan suatu film akhirnya tahun ini ia mengambil jalur action yang rasanya memang territory inilah tajinya bisa bersinar. Dan memang tepat bagi Tom Cruise bermain dalam genre ini mengingat sudah 4 tahun semenjak Mission: Impossible III ia tidak lagi menunjukan aksinya sebagai bintang action.

Knight and Day itulah judul terbaru filmnya Cruise. Di film ini ia kembali dipasangkan dengan Cameron Diaz yang sebelumnya bermain bersama dalam Vanilla Sky. Sedang untuk jabatan sutradara ditunjuk James Mangold yang sebelumnya pernah menangani Girl, Interrupted, Walk the Line dan terakhir 3:10 to Yuma.



FIlmnya sendiri mengisahkan seorang agen rahasia Roy Miller (Cruise) yang bertugas meyelamatkan sebuah baterai yang memiliki energi tanpa batas yang banyak diincar oleh berbagai pihak yang 'tak bertanggung jawab. Dalam perjalanan tugasnya secara 'tak sengaja ia bertemu dengan June Havens (Diaz) yang akhirnya ikut terlibat dalam misi penyelamatan sumber energi tanpa batas itu.

Daya tarik utama film ini tentu adanya nama Tom Cruise dan Cameron Diaz didalamnya. Para fans tentunya rindu dengan aksi kedua bintang tersebut karena memang dua film terakhir mereka berada dijalur drama. Cruise lewat dua film yang sudah saya sebutkan diatas sementara Diaz lewat My Sister's Keeper dan The Box. Untuk James Mangold selaku sutradara namanya memang bukan satu nilai jual guna menjamin kesuksesan suatu film. Tengok saja hasil peredaran dari film arahannya yang saya sebutkan tadi tidak ada satupun yang mengantarkan keperolehan laba yang menguntungkan. Tapi perlu ditimbangkan kembali bagi kita yang sanksi akan karya terbarunya ini. Terlepas dari raupan keuntungan yang 'tak memuaskan ketiga film yang saya sebutkan diatas berhasil masuk dalam bursa Oscar. Karena prestasi itulah kita patut menengok juga karyanya yang satu ini.

Cruise dalam memainkan perannya memang tampil dengan baik dan berhasil membuktikan dirinya masih jago dalam melakukan berbagai aksi walau dalam beberapa scene ada yang dirasa kurang pas. Contoh, walau scene ini bukanlah scene penting tapi bagi saya rasanya agak maksa ketika tokoh Roy keluar dalam air yang mengingatkan kita pada scene-nya Bond. Jika Bond terkesan begitu gagah lain halnya dengan Roy yang dimainkan Cruise terkesan tuwir. Untuk Diaz perannya June Havens terasa begitu pas sehingga kehadirannya tidak hanya sebagai tempelan pemanis belaka. Tingkah konyol dan kelucuannya malah menambah seru aksi dari Cruise. Sementara dibarisan cast pendukung tidak ada yang istimewa kecuali Paul Dano walau porsinya 'tak begitu banyak karakter yang ia mainkan lumayan berkesan.

Knight and Day akhirnya memang suatu tontonan yang fun. Bagi saya setelah menonton film ini rasanya memang benar-benar terhibur oleh sajian yang ada didalamnya. Lupakan aksi kejar-kejaran yang tidak mungkin lupakan pula dengan anehnya sang tokoh utama tidak terkena tembakan satupun karena memang inilah resep dari film action selalu ada saja adegan diluar nalar. Dan satu alasan lagi mengapa saya begitu menikmati aksi dari Cruise difilm ini yang katanya disetiap aksinya terlihat klise dan mengingatkan pada trilogy Bourne atau jauh jika dibanding aksinya ketika berperan sebagai Ethan Hunt atau dalam Minority Report. Tapi untungnya saya belum menonton film-film yang dimaksud itulah mengapa saya begitu terhibur dengan film action comedy ini. Terakhir saran saya, karena film ini masih diputar ditengah-tengah hingar bingarnya Eclipse dan anda tidak beruntung mendapat tiket untuk menonton franchise yang sentimentil itu cobalah untuk menyempatkan diri menonton film ini dijamin anda akan terhibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar