Jumat, 09 Juli 2010

The Twilight Saga: Eclipse

Rasanya baru kemarin kita disuguhi tontonan hubungan janggal antara manusia dengan vampir lewat franchise yang kini menjadi fenomena dikalangan remaja. Dan kurang dari setahun jilid ke-3 Eclipse yang sudah ditunggu-tunggu para Twi-Hards (sebutan para fans berat Twilight) akhirnya resmi dirilis 30 Juni. Antrian panjang dengan tiket yang selalu soldout membuktikan betapa antusiasnya para Twi-Hards menunggu kisah favoritnya ini.



Dengan melihat pencapaian hasil box office yang luar biasa lewat New Moon, Summit Entertainment selaku rumah produksi mematok jadwal edar yang berbeda dari dua jilid sebelumnya dan dengan percaya diri merilis Eclipse dibulan Juni bersaing dengan summer movies lainnya. Dan walhasil Eclipse masih menunjukan keperkasaanya dengan mengumpulkan $176 juta hanya dalam sepekan untuk Amerika Utara saja dan $300 juta secara worldwide.

Eclipse masih befokus pada cinta segitiga antara Edward Cullen, Bella Swan dan Jacob Black. Disamping itu Victoria masih melancarkan dendam kesumatnya dengan masih mengincar Bella dan membentuk pasukan vampir guna melawan keluarga Cullen ditambah kumpulan manusia serigala yang turut membantu melindungi Bella.

Sebenarnya apa yang kita harapkan setelah memutuskan untuk menonton film ini? Suatu tontonan kisah cinta aneh yang berujung romantis? Atau penasaran bagaimana serunya pertempuran sekumpulan manusia serigala melawan pasukan vampir? Atau hanya ingin melihat vampir bling-bling dan manusia serigala yang memiliki tubuh super bagus lewat sosok Edward Cullen dan Jacob Black? Atau anda hanya penasaran dan iseng saja?

Kisah cinta yang diramu dan diharapkan romantis tidak terasa disini malah terlalu sentimentil untuk ukuran cowok yang pastinya berbanding terbalik dengan persepsi para remaja putri. Pertarungan antara manusia serigala dan vampir juga tidak begitu wah. Mungkin melihat aksi serigala menerkam para vampir boleh lah dikata cukup seru tapi melihat vampir melawan vampir lain kurang terasa asyik dilihat dan tampak seperti pertarungan para prajurit diserial kolosal yang sering diputar ditv swasta kita hanya effectnya saja yang terlihat lebih bagus.

Para cast seperti Kristen Stewart tetap melanjutkan perannya dan memang 'tak ada peningkatan dalam karakternya. Begitupun Robert Pattinson masih tetap saja seperti itu walau untuk tampilannya yang sekarang boleh dibilang ada peningkatan dan tidak menampakan sosoknya yang bagai vampir paling murung sedunia ketika tampil di New Moon kemarin. Sementara untuk Taylor Lautner boleh dibilang semenjak New Moon justru dirinya lah yang paling menonjol terlepas dari perubahan drastisnya. Bryce Dallas Howard yang menyingkirkan Rachelle Levefre dalam memerankan Victoria justru yang paling dipertanyakan kemunculannya seperti halnya Dakota Fanning dulu. Peran dari putri sineas Ron Howard ini tidaklah berkesan dan rasanya sayang memakai aktris yang punya nama cukup terkenal hanya untuk karakter seperti Victoria. Apakah ini hanya satu strategi perusahaan untuk semakin mendongkrak film ataukah hanya strategi dari sang aktris sendiri yang numpang menaikan pamornya kembali. Tapi yang jelas, memakai atau tidaknya artis yang punya nama sebagai cast pendukung tidaklah penting toh franchise ini sudah memiliki fan base yang kuat.

David Slade selaku sutradara yang karya sebelumnya kita kenal lewat 30 Days of Night ternyata tidak bisa memberikan atmosfer baru. Cukup serunya 30 Days of Night lewat segi action tidak mampu membawa Eclipse ketingkat action yang lebih baik. Action scene yang dihadirkan terlalu biasa dan tidak berkesan. Dan akhirnya Aclipse tetap dipenuhi sajian yang mellow.

Rasa penasaran akan film ini dan memutuskan untuk menonton, melewati antrian yang panjang dan akhirnya mendapat tempat duduk paling depan ujung-ujungnya hanya kekesalan dan kekecewaan yang didapat setelah melihat scene demi scene yang tersaji. Mungkin poin plus yang didapat dari Eclipse adalah musik-musik yang keren. Saya rasa mendengarkan soundtrack dari Eclipse lebih asyik ketimbang menonton filmnya sendiri. Terakhir, ini hanyalah pendapat dari saya yang mungkin mewakili dari sedikit penonton yang kecewa akan film ini. Dan jika kita tengok pendapat kritikus luar pun hampir semua bernada sama dan memberikan nilai yang buruk untuk franchise ini. Tapi terlepas dari buruknya penilaian kritikus para Twi-Hards tetap setia dan siap membela mati-matian kisah kesayangannya ini dan hasilnya Twlight Saga tetap berjaya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar