Kamis, 28 Oktober 2010

How to Train Your Dragon (2010)


Cast (voice): Jay Baruchel, Gerard Butler, America Ferrera, Craig Ferguson etc
Director: Dean DeBlois, Chris Sanders
Genre: Animatoin, Adventure, Comedy, Family
Overall: 8/10

Hiccup (Jay Baruchel) adalah seorang pemuda keturunan bangsa Viking dimana sang ayah merupakan petinggi di daerahnya. Namun jika dibandingkan dengan pemuda yang lainnya, Hiccup justru terlihat paling lemah dan tidak tampak seperti seorang keturunan bangsa Viking yang tangguh khususnya dalam melawan seekor naga karena di sini diceritakan bahwa bangsa Viking selalu bertarung melawan para naga. Namun dibalik penampilannya, justru Hiccup menyimpan satu kelebihan yang 'tak dimiliki oleh yang lain. Perlakuan terhadap naga yang dianggapnya salah berhasil ia luruskan dengan menerapkan beberapa cara yang ia temukan lewat seekor naga Night Fury bernama Toothless, jenis naga paling berbahaya yang berhasil ia jinakan. Dari sinilah dimulai usaha Hiccup untuk mengubah pandangan bangsa Viking terhadap naga selama ini termasuk membuktikan kepada sang ayah yang cenderung kecewa akan pribadinya.

Rugi dan menyesal, itulah yang saya rasakan ketika selesai menonton animasi ini. Bukan karena jalan cerita ataupun animasinya tapi lebih karena saya tidak menonton film ini dari awal-awal ketika film ini baru rilis. Saya memang termasuk salah satu yang kurang begitu semangat dengan produk-produknya Dreamworks, misal sebut saja Shrek dan Kung Fu Panda. Kedua film tersebut saya tonton jauh dari waktu rilisnya. Dan walhasil sama seperti yang saya rasa ketika menikmati How to Train Your Dragon (HtTYD), merugi karena telat.

Mengagumkan, itulah yang saya sematkan akan keseluruhan film ini. Fun factor yang dimiliki mungkin masih di bawah Shrek atau Panda namun dari segi cerita justru HtTYD jauh lebih enak untuk dinikmati. Dari awal hingga akhir intensitasnya tetap terjaga. Ceritanya benar-benar menarik. Dan yang paling unggul dari segala sisi adalah hasil dari animasi yang ada. Seperti yang saya sebutkan tadi, mengagumkan dan jika boleh saya bilang HtTYD adalah animasi tahun ini yang paling bagus dalam hal visualisasi sampai saat ini. Setiap gambar yang tersaji begitu detail dan indah. Dan rasanya akan lebih luar biasa jika menikmatinya lewat suguhan format 3D.

Mungkin ada beberapa diantara anda yang sama seperti saya, masih menunda-nunda untuk menonton film ini atau bahkan ada yang tidak tertarik. Mungkin bisa saja dikarenakan anda pecinta berat produk Disney-Pixar dan rasanya sedikit tidak rela film ini menuai pujian dimana-mana, mengingat juga Dreamworks adalah rival terberat dan sepertinya harus berhati-hati juga karena bisa jadi HtTYD akan jadi saingan berat Toy Story 3 (TS3) di ajang Oscar nanti. Saya akui HtTYD memang memiliki hasil animasi yang jempolan tapi jika dibanding TS3 dalam hal kisah, saya pikir lebih mengena animasi milik Diney-Pixar itu. Itu penilaian saya pribadi, tapi yang jelas jika anda menginginkan satu tontonan keluarga yang tidak hanya masuk bagi anak-anak saja tapi juga cocok bagi penonton dewasa, anda wajib mencoba mencoba animasi yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar