Sabtu, 16 Oktober 2010

New York, I Love you (2009)


Cast: Bradley Cooper, Andy Garcia, Hayden Christensen, Orlando Bloom, Christina Ricci, Natalie Portman, Ethan Hawke, Maggie Q, Julie Christie, Shia LeBeouf, etc
Director: Mira Nair, Natalie Portman, Brett Ratner, etc
Genre: Drama, Romance
Overall: 5,5/10

Ada satu film di tahun 2006 yang bagi saya film tersebut memang memberikan kesan tersendiri atas apa yang disuguhkan lewat jalinan kisah cinta beragam di kota yang disebut-sebut sebagai kota paling romantis yaitu Paris. Film tersebut disutradarai oleh beberapa sineas handal dan dibintangi oleh aktor/aktris yang tentunya menyedot perhatian para moviegoers. Film yang saya maksud bertajuk Paris, je t'aime.

Tidak memuaskan memang jika kita menengok hasil laba yang diperoleh film tersebut tapi harus kita akui Paris berhasil dalam menyajikan kisah cinta berkesan pada penontonnya. Mungkin berkaca pada apa yang diperoleh Paris pula dan berharap mampu menuai lebih, sang kreator Emmanuel Benbihy memutuskan untuk memulai proyek terbaru dimana konsepnya memang sama persis dengan menyajikan beragam kisah cinta dalam durasi pendek namun berbeda kota. Kali ini kota yang digali love story-nya adalah New York. Dan proyeknya ini diberi judul New York, I Love You.

Dari barisan cast, New York memang jauh lebih menarik dibanding Paris. Namun sayang hal tersebut tidaklah membuat filmnya sendiri ikut menarik dalam segi cerita. Beberapa segmen kisah cinta yang hadir, nyatanya terasa biasa dan kurang asyik untuk disimak. Ada satu yang membingungkan bagi saya datang dari jalinan cintanya Natalie Portman. Jujur saya tidak bisa menangkap maksud tujuan dari segmen yang satu itu. Meski begitu, ada juga beberapa bagian yang tidak mengecewakan seperti segmennya Anton Yelchin, kisah cintanya Shu Qi dan yang paling menarik sekaligus menggelitik datang dari pasangan udzur Eli Wallach dan Cloris Leachman.

Secara keseluruhan jika dibandingkan, New York memang tidak mampu melampaui bahkan menyamai hasil dari Paris. Sineas yang ikut andil memang terasa asing namun berhasil dalam mengarahkan aktor/aktris ternama yang direkrut, sayangnya hasil dari film ini justru tidak maksimal jika tidak ingin disebut gagal dalam memberikan kesan pada penontonnya. Meski kisah cintanya bervariatif namun terasa kurang menarik sehingga cenderung membosankan, mungkin hal ini ditambah pula oleh setting kota yang memang kurang begitu berasa atmosphere romantisnya. Kira-kira untuk kedepannya akan ada kisah-kisah kota cinta lagi kah? Mungkin sineas kita ada yang latah dengan membuat proyek sejenis dan mungkin saja proyek tersebut bertajuk "Jakarta, Aku Cinta Kamu".

4 komentar:

  1. Cinta Setaman.
    lol
    Tetep lebih suka Paris J'taime.

    BalasHapus
  2. Oh iya Cinta Setaman tampaknya mirip2 ya konsepnya, tp aku belum nonton film itu :)

    BalasHapus
  3. kurang bagus yah filmnya??

    BalasHapus
  4. Natanael, karena konsepnya memang sama kayak Paris jdnya emang gak ada yg baru lagi dan kisah2 cintanya pun gak asyik kalo kata aku ya walu ada sih beberapa yg lucu. Dibanding Paris, lebih unggul Paris

    BalasHapus