Selasa, 05 Oktober 2010

Killers (2010)


Cast: Asthon Kutcher, Katherine Heighl
Director: Robert Luketic
Genre: Action, Comedy
Overall: 3/10

Sangsi memang ketika mengetahui nyatanya Killers bukanlah suatu tontonan komedi romantis melainkan film bergenre action yang dibalut oleh komedi. Lalu apa pasal sebenarnya yang membuat saya beranggapan bahwa film yang digawangi oleh Robert Luketic ini adalah film komedi romantis? Melihat dari poster yang memajang Kutcher dan Heighl sebagai cast utama bagi saya pribadi sudah bisa yakin akan arah dari cerita film ini meski judulnya sendiri menggunakan kata yang lumayan 'sangar'. Selain itu dengan melihat filmography dari sang pemain begitupun sutradara adalah orang-orang yang lebih banyak berkutat di jalur komedi.

Lupakan Heighl karena sudah jelas kehadirannya disini hanyalah sebagai pemanis belaka. Kutcher lah yang dirasa paling meragukan. Menengok banyak peran tipikalnya sebagai pemuda/pria bodoh nan ceria plus wajah ganteng rasanya sedikit ragu ketika harus berperan sebagai (mantan) pembunuh bayaran. Lalu bagaimana dengan Luketic? Apa jadinya action comedy besutannya ini? Meski pernah menangani 21 tapi rasanya film itu sangatlah tidak mengena di hati penonton dan soal unsur komedinya sendiri tampaknya rasa humor dari film-filmnya semakin menurun semenjak Legally Blonde.

Kutcher tentunya masih terlihat begitu charming di mata para wanita namun di luar itu ia gagal total dalam menampilkan perannya di sini. Maunya bersikap serius tapi kok malah kaku dan ketika sedikit mengeluarkan humornya ia terlihat sedikit over dan makin kentara bahwa peran ini bukanlah untuknya. Sementara Heighl tampil apa adanya karena memang peran yang ia lakoni disini tidaklah penting dan 'tak menuntut akting yang lebih. Kebodohannya boleh lah tapi ketika menemani Kutcher dalam beraksi bukannya membantu tambah seru dan lucu malah terkesan mengganggu. Dan sudah jelas dengan melihat itu semua chemistry diantara keduanya, nihil.

Menonton Killers mengingatkan saya pada Knight and Day (KaD) yang memang belum berselang lama dalam perilisannya. Sama-sama hadir dalam balutan action comedy namun hasilnya begitu jauh berbeda. Jika KaD berhasil dalam mengemban misinya sebagai tontonan aksi ringan yang menghibur, sedang Killers jika diibaratkan berjalan hasilnya justru sempoyongan dalam keseluruhan penyajiannya. Setiap scene action yang ada terasa sangat tidak asyik untuk dinikmati. Terlalu standar dan sangat biasa. Tengok setiap aksi yang dilakukan Kutcher, maunya terlihat keren dan hebat malah kesannya jatuh seperti seorang amatiran. Begitu pula dengan sisi komedinya yang tidak mampu membuat penonton (bagi saya sih) tertawa puas. Walaupun ada, hanya senyum sungging yang muncul. Luketic sudah pasti gagal dalam mempersembahkan karya terbarunya ini, beberapa bagian yang 'tak menarik tadi belum seberapa dengan eksekusi yang dibuat. Ending dari film ini benar-benar 'tak masuk akal dan payah walhasil untuk sejauh ini, film inilah yang menurut saya memiliki ending yang paling buruk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar