Rabu, 20 Oktober 2010

Aftershock (2010)


Cast: Jingchu Zhan, Chen Li, Fan Xu
Director: Xiaogang Feng
Genre: Drama
Overall: 5,5/10

Aftershock merupakan sebuah film yang ceritanya sendiri berdasarkan kisah nyata dimana China pernah diguncang gempa terbesar di tahun 1976. Dan film ini juga di buat berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Zhang Ling. Filmnya sendiri berkisah tentang sebuah tragedi yang menyebabkan satu kelurga terpisah karena bencana gempa. Gempa dengan kekuatan besar meluluhlantakan kota Tangshan dan memakan banyak korban termasuk keluarga Fang Qiang, dimana ketika ia hendak menyelamatkan anak kembarnya, malang ia malah tertimpa reruntuhan gedung sementara kedua anaknya pun ikut tertimbun di reruntuhan itu. Sang istri kemudian berusaha untuk menyelamatkan kedua anaknya yang didapati masih hidup, namun akhirnya ia dihadapkan pada keputusan yang teramat sulit untuk ia ambil.

Di awal film kita disuguhi oleh visualisasi gempa yang boleh dibilang cukup meyakinkan untuk ukuran film Asia. Namun jangan samakan dengan 2012 misalnya, karena memang sangat jauh (mungkin mengingat dari budget yang ada juga kali ya). Ceritanya sendiri tidak menitik beratkan pada tragedi gempa. Bencana tersebut hanyalah latar belakang untuk jalinan kisah yang akan disampaikan sepanjang film, dimana porsinya lebih banyak menyuguhkan drama keluarga sebagai sajian utama yang sayangnya hasil yang ada (bagi saya) justru membosankan.

Awal-awal film sebenarnya kita sudah disuguhi oleh kisah yang mengharu biru. Akan tetapi, setelah menuju cerita dua plot utama antara Fang Deng dan Fang Da yang beranjak dewasa, intensitas dari film ini terasa kedodoran dengan dipenuhinya durasi film oleh keseharian mereka yang sebenarnya tidaklah penting dan menarik. Film ini pun dieksekusi dengan kurang memuaskan dan itu terasa dari scene-scene yang dihadirkan dengan cepat hingga kesannya ingin segera menyudahi film yang durasinya sudah terlalu panjang itu. Hal ini semakin dibuat kecewa dengan dicomotnya tragedi lain sebagai penghubung kisah untuk membuat klimaks yang ada dan rasanya hal ini malah terkesan dipaksakan.

Aftershock bagi sebagian orang memang merupakan film yang begitu emosional namun bagi saya film ini termasuk yang mengecewakan khususnya dari segi naskah. Kendati begitu film ini masih menyimpan nilai yang cukup dari para pemainnya dalam menyampaikan emosi dari karakter yang mereka lakoni ke hadapan penonton. Menyimak Aftershock rasanya seperti menyaksikan serial drama Korea/China beberapa episode dalam satu waktu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar