Senin, 27 September 2010

Changeling (2008)


Cast: Angelina Jolie, John Malkovich, Jeffrey Donnofan, Michael Kelly, Jason Butler Harner
Director: Clint Eastwood
Genre: Drama, Thriller
Overall: 7,5/10

Clint Eastwood memang sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya sebagai aktor terlebih ketika dirinya turun tangan menjabat sutradara. Dua gelar sutradara terbaik lewat Unforgiven (1992) dan Million Dollar Baby (2004) dalam ajang penghargaan tertinggi perfilman dunia Academy Awards adalah sebagai bukti nyata dan semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu sineas terbaik dimana setiap karya yang ia telurkan hampir selalu memiliki kualitas yang jempolan. Selain membawa filmnya masuk dalam jajaran terbaik di setiap ajang festival, barisan cast yang ia arahkan pun dimana tercatat nama Sean Penn, Tim Robbins, Hillary Swank, dan Morgan Freeman sukses dalam membawa pulang Oscar termasuk nama-nama aktor/aktris lain yang digarap olehnya minimal masuk sebagai nominasi.

Melihat keberhasilan tersebut Eastwood pun dikenal sebagai sineas yang piawai dalam mengarahkan aktor/aktrisnya. Mungkin karena itu pula yang menjadikan Angelina Jolie tertarik dan bersedia diarahkan untuk melakoni peran seorang ibu yang kehilangan anaknya, dimana ceritanya sendiri diangkat berdasarkan kisah nyata di tahun 1928 dalam film yang bertajuk Changeling.

Jolie memerankan sosok single parents bernama Christine Collins yang tengah dilanda kegelisahan karena kehilangan anaknya ditambah tuduhan oleh pihak kepolisian setempat yang menyatakan dirinya mengalami depresi berat karena menolak putranya yang telah berhasil ditemukan karena kenyataannya bocah tersebut bukanlah putranya. Kasus Collins sendiri mendapat sorotan besar dari media dan mendapat dukungan simpati dari pendeta Gustav Briegleb (John Malkovich) beserta pengikutnya untuk menguak kebenaran yang ada.

Entah mengapa saya kurang begitu tertarik akan satu karya dari Eastwood ini dan bagi saya Changeling memang bukan pilihan utama dalam menikmati film-film yang masuk jajaran terbaik Oscar 2009. Baru minggu ini akhirnya saya menonton dan cukup menikmati tontonan drama berbalut thriller yang awalnya saya pikir akan cukup berat dalam menyantapnya. Namun walhasil Changeling boleh dibilang merupakan sebuah tontonan yang cukup ringan dengan jalinan kisah yang 'tak begitu rumit tapi tensinya tetap terjaga. Meski durasi yang ada memanglah panjang namun Eastwood cukup berhasil membuat penonton begitu bersimpati dan betah dalam menikmati suguhan cerita atas apa yang menimpa sosok yang dilakoni Jolie.

Satu kelemahan dari film ini, terletak pada eksekusi yang ada terasa terlalu dipanjang-panjangkan dan memaksa penonton menyimak suatu rentetan happy ending yang sebenarnya sudah cukup diakhiri ketika tokoh Collins sendiri bisa menerima kenyataan nasib tragis yang dialami putranya dan hal itu tentu saja terlepas dari kisah nyata yang ada.

Changeling memang bukan suatu film yang menonjol dalam naskah melainkan barisan cast lah yang menyelamatkan film ini dan hal ini tentu saja tidak terlepas dari keberhasilan Eastwood yang sekali lagi sukses dalam menggarap setiap pemain yang direkrutnya. Jolie memang yang paling disorot akan kesuksesannya dalam menyampaikan emosi namun bagi saya justru Jason Butler Harner (Gordon Northcott) lah yang terasa paling berkesan meski porsi tampilnya sangatlah sedikit. Mimik, gerak tubuh dan nada bicaranya terlihat brillian dan coba tengok siapa yang tidak merinding ketika ia menyanyikan lagu Holly Night menjelang eksekusinya.

2 komentar:

  1. lmayan lach,boga bintang2 bagus hungkul,,da ari cerita mah....

    BalasHapus
  2. da ari ceritamah???? mana sambungan na???

    BalasHapus