Rabu, 19 Januari 2011

Buried (2010)


Cast: Ryan Reynolds
Director: Rodrigo Cortés
Genre: Drama, Mystery, Thriller
Overall: 6/10

Sempit, pengap dan terisolir itulah yang dirasa ketika usai menonton satu film arahan Rodrigo Cortés yang dibintangi oleh aktor yang baru saja meraih gelar Sexiest Man Alive versi majalah People, Ryan Reynolds. Reynolds sendiri di sini berperan sebagai Paul Conroy, seorang warga Amerika yang berprofesi sebagai sopir truk yang bekerja di Irak dan tiba-tiba saja secara mengejutkan mendapati dirinya terjebak di dalam sebuah peti mati dan terkubur dengan dibekali benda-benda dari sang pelaku pengubur seperti smartphone, pemantik api, pil, senter, minuman beralkohol dan benda menyerupai tongkat berpijar. Lalu apa tujuan Paul dengan dibekali benda-benda tersebut? Semua itu akan terjawab setelah anda menyaksikan 95 menit total durasi dari film ini. Karena di sini pun saya tidak akan menjabarkan inti kisahnya secara detail.

Menilik dari setting juga cast, sebenarnya Buried sangat rentan untuk menimbulkan kebosanan jika sang sutradara tidak pandai-pandai dalam mengarahkan dua faktor utama tersebut. Setting yang ada, dengan hanya menyorot ruang peti mati yang sempit, pastinya resiko untuk memicu kebosanan penonton sangat tinggi. Apalagi Cortés sendiri tidak memberi semacam rehat sejenak bagi penonton guna menghela nafas seperti penggambaran keadaan situasi diluar ketika Paul Conroy berinteraksi lewat telepon, justru Cortés membiarkan penonton terus mendekam mengikuti apa yang tengah dialami oleh sang korban. Dan di sinilah letak faktor monoton yang bisa membuat penonton merasa bosan hingga mengantuk di tengah-tengah durasi. Dan hal itu memang saya alami, mungkin dikarenakan saya sendiri tidak begitu kurang suka dengan film yang hanya menyorot satu tempat saja dan ini dengan begitu sempit nan gelap. Terlalu subjektif memang.

Di luar kemonotonan tadi, hal tersebut teralihkan oleh permainan apik dari Ryan Reynolds. Cukup mengejutkan memang melihat penampilannya di sini. Rasanya sulit membayangkan pria yang baru saja berpisah dari Scarlett Johansson ini pernah tampil konyol di Van Wilder karena apa yang ditampilkannya terbilang sempurna. Bermacam emosi dari karakternya seperti marah, frustasi, putus asa dan sedih mulus ia suguhkan dalam one man show-nya kali ini. Dan hal ini benar-benar membantu keseluruhan film.

Penilaian akan Buried pastinya akan terpecah menjadi dua kubu. Satu sisi, banyak penonton yang menyukai atas pengalaman terbaru dalam menikmati ketegangan yang disuguhkan Buried, namun di satu sisi tidak sedikit pula yang malah tersiksa. Bagi yang menyukai film dengan banyaknya porsi action atau cerita yang disajikan terbilang kompleks pastinya Buried tidak akan begitu mengena dan membutuhkan ekstra kesabaran juga berusaha sekeras mungkin agar tidak mengantuk di tengah-tengah durasi. Seperti yang saya bilang di awal, sempit, pengap dan terisolir sekaligus diakhiri dengan begitu sesak ketika usai menonton dan keluar dari gedung bioskop. Itulah Buried.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar