Minggu, 19 September 2010

Hello Stranger (2010)


Cast: Nuengtida Sopon, Chantawit Thanasewee
Director: Banjong Pisanthanakun
Genre: Drama, Comedy, Romance
Rating: 7/10

Perfilman Thailand memang sudah terbukti mampu menembus pasar internasional dengan diterima baiknya film-film yang diedarkan di luar negaranya termasuk di Indonesia. Tahun ini penonton berhasil ditakut-takuti lewat Phobia 2 dan sukses dibuat tertawa oleh jalinan kisah romkom lewat Bangkok Traffic Love Story. Dan kini hadir kembali film terbaru dari negeri gajah putih ini yang kembali khusus diputar hanya di Blitzmegaplex lewat film bertajuk Hello Stranger.

Kita sebut saja Dia laki-laki (He) dan Dia perempuan (She) dua warga Thailand yang sedang berlibur ke Korea. He (Chantawit Thanasewee) mengikuti sebuah tour wisata yang sebenarnya guna menghindari masalah yang tengah dihadapinya sementara She (Nuengtida Sopon) berniat mengunjungi pernikahan temannya sambil mengunjungi tempat-tempat syuting serial Korea favoritnya. Secara tidak sengaja mereka bertemu yang diawali oleh mabuknya He dan pingsan di depan apartemen yang disewa She. Merasa kasihan padanya akhirnya She menariknya masuk dan membiarkannya tertidur diteras dalam apartemennya. Mabuk beratnya He membuat dirinya tertidur pulas sehingga tertinggal bus wisatanya. Mengingat He yang tidak tahu apa-apa mengenai Korea dan ini adalah perjalanan pertamanya ke luar negeri ditambah kurang fasihnya ia dalam berbahasa Inggris membuat She mau 'tak mau harus menemani teman asing senegaranya itu. Dari sini dimulai kebersamaan mereka yang uniknya selama bersama, mereka tak menyebutkan masing-masing nama mereka.

Sama seperti sebelumnya film Thailand bukanlah pilihan utama bagi saya. Dua film yang saya tonton sebelumnya murni karena pengaruh teman-teman juga ramainya sedang diperbincangkan. Begitupun dengan Hello Stranger yang akhirnya saya tonton setelah cukup banyak orang yang berpendapat bahwa film ini bagus. Dan nyatanya memang benar, meski dari cerita memang bukan hal yang baru namun apa yang tersaji di dalamnya adalah sebuah hasil ramuan kisah cinta yang berkesan. Ceritanya sederhana namun menghibur lewat tingkah konyol kedua cast utamanya. Tapi anda jangan kuatir, porsi kekonyolannya memang lumayan besar namun hal tersebut tidaklah mengganggu jalannya cerita. Cerita tetap berjalan lancar dan memberikan momen-momen yang terasa romantis dan berhasil membawa emosi penonton meski seperti yang tadi saya bilang banyak ditingkahi oleh kelakuan konyol diantara keduanya. Ekesekusinya pun terasa pas dan tidak terkesan memaksa seperti romkom kebanyakan.

Nuengtida Sopon dan Chantawit Thanasewee sebagai cast utama berhasil membuat penonton jatuh hati kepada mereka atas apa yang mereka tampilkan di layar. Chantawit Thanasewee hadir begitu menyebalkan bagi sebagian gadis dengan humor-humor garingnya tapi disatu sisi terlihat begitu manis dalam mengeluarkan ekspresi lewat senyum dan tawa lepasnya. Sementara Nuengtida Sopon tampil begitu manis dan makin manis ketika ia ikut-ikutan gila. Keduanya memang tampil begitu natural dan berhasil dalam menciptakan satu chemistry yang klop.

Berbicara mengenai sutradara coba anda tengok namanya. Sulit memang untuk mengenali atau mengingat bahkan melafalkan satu nama Thailand. Tapi sepertinya nama Banjong Pisanthanakun cukup tidak asing ditelinga kita khususnya bagi kita yang yang mulai menikmati sajian horror Thailand. Ya, Banjong Pisanthanakum adalah sineas dibalik suksesnya Shutter dan Alone juga mengisi salah satu segmen di 4bia. Jadi cukup mengejutkan ketika mengetahui Pisanthanakum adalah dalang dibalik Hello Stranger. Dengan melihat hasil pencapaiannya dalam mempersembahkan kisah komedi romantis perdananya Pisanthanakum berhasil dalam menyajikan tontonan yang ringan nan menghibur.

Bagi saya Hello Stranger sedikit mengingatkan saya kepada Before Sunrise yang memang sama-sama mengangkat kisah pertemuan dua orang asing 'tak saling kenal hingga menemukan kecocokan satu sama lain. Jika Before Sunrise lebih menonjolkan dialog cerdas dan berkesan sementara Hello Stranger lebih ketingkah konyol namun anehnya hal itu malah berkesan pula. Tapi tentu saja film ini belum bisa dikatakan sejajar dengan kisah cinta satu malamnya Ethan Hawke dan Julie Delpy tersebut. Jika anda suka dengan Bangkok Traffic Love Story yang sama-sama berangkat dari Thailand dipastikan andapun akan suka dengan film ini. Tertawa sekaligus menyentuh inilah yang saya rasakan ketika menonton film ini dan akhirnya berharap mungkin suatu saat akan mengalami hal yang serupa dan berucap "Hello Stranger"

4 komentar:

  1. pengen lihat neh...
    kayaknya pAS liat trailer kelihatan lucu...
    sayang disini gag ada blitz..
    dan dvd nya blum edar..
    huft..

    BalasHapus
  2. memang lucu, humornya segar dan berasa pengen muda lagi kayak mereka hehehe...

    BalasHapus
  3. haha untung aku masih muda.. tuker link yuk gan

    BalasHapus
  4. baiklah...ayo kita tukeran link

    BalasHapus