Rabu, 19 Januari 2011

Devil (2010)


Cast: Chris Messina, Logan Marshall-Green, Jenny O'Hara, Bojana Novakovic, Bokeem Woodbine, Geoffrey Arend
Director: John Erick Dowdle
Genre: Horror, Mystery, Thriller
Overall: 6/10

Nama M. Night Shyamalan kini memang sedang dalam keadaan terpuruk pasca karya-karyanya setelah Lady in the Water terlebih produk terakhirnya, adaptasi serial animasi The Last Airbender yang mendapat cibiran di mana-mana, kendati hasil raupan labanya menuai senyum cukup puas dan bersiap untuk kelanjutan proyek sekuelnya. Dengan pencapaian rendah berturut-turut tersebut kredibilitasnya sebagai sutradara memang kini dipertanyakan namun di luar itu masih ada sebagian orang yang masih penasaran akan proyek berikut miliknya. Mungkin menilik dari hal itu, satu film terbaru bertajuk Devil produksi Universal Pictures menempatkan nama sineas asal India ini dengan penempatan utama dan diharapkan mampu menjadi satu nilai jual akan filmnya sendiri dan menarik kepenasaran penonton untuk menyimak filmnya. Jika itu adalah salah satu strategi, cukup aneh memang mengingat nama Shyamalan kurang cukup baik untuk saat ini.

Dalam Devil Shyamalan tidak lagi duduk di singgasananya, melainkan dirinya bertugas sebagai penggagas cerita yang ditulis kembali oleh Brian Nelson selaku penulis naskah. Sementara tugas sutradara diserahakan kepada sineas penggarap Quarantine, John Erick Dowdle. Devil mengisahkan kematian tragis yang menimpa 5 orang yang terjebak dalam sebuah lift. Kematian mendadak salah satu penghuni lift tentunya menimbilkan kecurigaan satu sama lain diantara penghuni yang masih hidup. Dan kejadian ini membuat Detective Bowden yang kebetulan sedang berada di gedung yang sama guna mengusut kasus bunuh diri harus ikut serta untuk menangani kasus ini.

Cukup, itulah yang bisa kita sematkan untuk tontonan horror yang satu ini. Ketegangan yang ditampilkan sudah cukup membuat penonton dag dig dug meski tidak sampai ke level terhenyak dari tempat duduk. Jajaran castnya pun tampil dengan porsi yang pas, di sini saya tujukan khusus bagi para penghuni lift. Sementara bagi Chris Messina tidak ada yang spesial dengan tampilannya kali ini, karakternya terasa biasa dan datar. Dengan durasi yang termasuk pendek, Devil sudah cukup dalam meyampaikan keseluruhan cerita. Jika durasi yang dimiliki lebih lama dipastikan cerita yang ada akan terkesan terlalu dipanjangkan karena dengan durasi selama 80 menit pun intensitasnya terasa naik turun terutama ketika mulai menyorot kejadian di luar lift.

Secara keseluruhan Devil memang bukanlah termasuk tontonan horror yang mengena di benak penonton tetapi sudah cukup baik sebagai permulaan jika mengingat ini adalah proyek awal dari sebuah trilogy bertajuk The Night Chronicles dan setidaknya sedikit bisa mengangkat nama Shyamalan kembali, yang di sini ia terasa berusaha keras untuk mempersembahkan kisah rekaan terbaik spesialisnya. Go Shyamalan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar