Selasa, 31 Agustus 2010

Across the Universe (2007)


Cast: Jim Sturgess, Evan Rachel Wood, Joe Anderson, Dana Funchs, Martin Luther, T.V. Carpio
Directed: Julie Taymor
Genre: Drama, Musical, Romance
Rating: 7/10

Menilik judulnya yang bertajuk Across the Universe, bagi saya atau yang kurang begitu suka akan band lawas The Beatles pastinya tidak akan langsung 'ngeh bahwa ternyata film ini murni seperti sebuah tribute bagi grup legendaris tersebut dan diharapkan mampu menghibur penonton khususnya para penggemar The Beatles.

Disutradarai oleh Julie Taymor yang sebelumnya membuat drama Tatus (1999) dan biopic Frida (2002). Adapun castnya, Across the Universe menempatkan bintang kurang terkenal diantaranya Jim Sturgess, Evan Rachel Wood, Joe Anderson, Dana Funchs dan sederet sekuter lainnya. Meski ada nama Evan Rachel Wood tapi nampaknya hal tersebut tidak menjadi suatu jaminan akan ketertarikan penonton akan film ini.

Across the Universe menyampaikan kisah percintaan antara Jude (Sturgess) dan Lucy (Rachel Wood) . Jude adalah pemuda asal Inggris yang pergi ke Amerika guna mencari ayah kandungnya dan disana ia bertemu dengan Lucy yang baru saja ditinggal mati kekasihnya karena perang Vietnam. Bukan hanya kisah percintaan saja yang lebih dikedepankan alur ceritapun diselingi isu seputaran politik dan perang.

Dari ceritanya sendiri sebenarnya sudah cukup menarik namun tampaknya sisi visual-lah yang lebih berbicara. Film ini lebih menunjukan artistik khususnya seperti yang saya katakan tadi visualisasi dalam film ini memang lebih menonjol dan menarik ketimbang alur kisahnya sendiri. Satu contoh, visualisasinya lagu "Because" hmmmmmm.....Untuk ramuan musiknya sendiri dengan lagu-lagu The Beatles yang digubah ulang terasa lebih muda dan tidak terkesan oldies. Sehingga bagi para penonton muda atau yang kurang begitu suka akan lagu-lagunya The Beatles sepertinya akan langsung menyukai karena terasa lebih modern. Sementara untuk para penonton dewasa angkatan The Beatles asli mungkin lagu-lagu aransemen dalam film ini tidak akan terasa tastenya. Hal yang saya maksud terbukti lewat komentar para orang tua dari ketiga teman saya yang kurang begitu suka akan ramuan musik yang ada. Walau hal tersebut tidak bisa dijadikan survey tapi setidaknya sedikit mewakili. Sementara para castnya sendiri patut kita acungi jempol, selain mereka cukup berhasil dalam menghayati perannya masing-masing mereka pun menyanyikan sendiri lagu-lagu The Beatles. Bagi saya, Joe Anderson-lah yang lebih menarik terutama ketika ia menyanyikan hits "Happines Is A Warm Gun" dan satu lagi Dana Funchs yang tampil begitu nge-rock.

Jika mengambil suatu perbandingan antar film sejenis mungkin Mamma Mia! bisa dijadikan sebagai objek pembanding bagi Across the Universe yang sama-sama diangkat dari grup legendaris. Jika Mamma Mia! berhasil menjadi suatu tontonan nostalgia bagi para penggemar ABBA lain hal dengan Across the Universe yang rasanya kurang begitu berhasil dalam menyampaikan tontonan nostalgia bagi para penggemar The Beatles. Across the Universe memang bukan film musikal layaknya Mamma Mia! yang lebih ceria nan menghibur namun dalam soal mutu Across the Universe boleh saya katakan lebih unggul berada satu level diatas Mamma Mia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar