Rabu, 11 Agustus 2010

Salt (2010)


Cast: Angelina Jolie, Liev Schreiber, Chiwetel Ejiofor
Director: Phillip Noyce
Writer: Kurt Wimmer
Genre: Action, Thriller
Rating: 7/10

Dilihat dari formula yang biasa dipakai dalam film bergenre action setuju atau tidak tampaknya genre yang satu ini memang khusus ditujukan bagi para penonton kaum adam. Tapi tidak menutup kemungkinan para kaum hawa pun menikmati tontonan yang biasa menjejalkan adegan pemacu adrenalin nan berbahaya seperti kejar-kejaran super cepat, adu tembak antar senjata super canggih atau baku hantam antar pemain. Namun lain hal bagi saya pribadi yang dari dulu memang kurang begitu berminat dengan genre yang satu ini dengan alasan yang sampai sekarang saya pun tidak tahu pasti.

Hingga ketika akhir bulan Juni saya tidak sengaja masuk dan menonton film bergenre action, thriller namun berbalut comedy Knight and Day. Ketidak sengajaan ini dikarenakan saya dan beberapa teman yang sebelumnya hendak menonton Eclipse namun sayang tiket saga tersebut sold out dan akhirnya kami memutuskan untuk menonton film yang dibintang utamai oleh Tom Cruise dan Cameron Diaz. Dan cukup kaget juga atas apa yang saya rasa ketika usai menonton film ini. Walau beberapa pendapat menyatakan bahwa Knight and Day kurang begitu bagus tapi bagi saya film tersebut benar-benar fun dan menjadi titik awal bagi saya menyukai film bergenre action.

Lalu bulan ini datang kembali satu film action, thriller bertajuk Salt yang awalnya diperuntukan bagi Tom Cruise namun entah mengapa akhirnya Cruise memutuskan mundur dan lebih memilih Knight and Day sebagai proyek comeback-nya. Apakah Salt dirasa kurang greget dari segi action atau cerita? Akhirnya saya pun memutuskan untuk menonton film ini karena rasa penasaran tadi dan tentu saja karena sang pelakon utamanya adalah Angelina Jolie. Salt mengisahkan seorang agen CIA bernama Evelyn Salt (Jolie) yang dituduh sebagai mata-mata dari Rusia. Misinya yaitu membunuh presiden Rusia ketika berkunjung ke Amerika. Tidak menerima tuduhan tersebut akhirnya Salt pun melarikan diri yang tentu saja hal ini membuat curiga rekan-rekannya Ted Winter (Schreiber) dan Peabody (Ejiofor).

Seperti tagline filmnya sendiri Who is Salt? Sepanjang durasi film kita terus dijejali pertanyaan siapakah Salt dan apa yang hendak ia tuju? Sepanjang film juga karakter Salt dihadirkan dengan begitu abu-abu. Kita tidak tahu kearah mana Salt sebenarnya berpihak sehingga membuat kita sebagai penonton jadi begitu nyaman dalam mengikuti arahnya jalan cerita yang dari awal hingga akhir hampir dipenuhi scene menegangkan ditambah hadirnya twist yang membuat kita cukup terkaget-kaget akan fakta yang ada.

Filmnya sendiri memang dipenuhi adegan aksi yang bisa dibilang membahayakan mengingat sang pelaku utamanya adalah seorang wanita. Disini Jolie tampil begitu sangar nan nekat dalam setiap aksi yang ditampilkannya. Perannya sebagai agen mata-mata begitu mantap dihadirkan. Eksprsesi dari mimik dan gerak tubuhnya begitu serius ia tampilkan sampai kehal-hal kecil sekalipun. Perhatikan ketika ia berlari!!! Ia tampak seperti agen yang benar-benar terlatih yang bisa kita lihat dari caranya mengatur nafas agar mampu berlari dengan cepat. Melihat aksinya yang memang begitu super tangguh namun tidak lebay dan tidak berada diluar nalar akhirnya mau tidak mau saya harus membandingkan dengan aksi Tom Cruise yang saya saksikan sebelumnya. Jika disandingkan, fakta yang ada (menurut saya) aksi dari Jolie begitu hebat sehingga Cruise pun tidak ada apa-apanya.

Phillip Noyce selaku sutradara meski bebrapa review yang saya baca nyatanya ia tidak menghadirkan sesuatu yang baru dalam hal aksi ataupun cerita tapi bagi saya yang nyatanya baru memulai suka akan genre action, Noyce boleh dibilang berhasil dalam menyuguhkan suatu aksi yang menegangkan dan membuat penasaran akan akhir dari cerita. Meski eksekusi dari film ini membuat gusar para penonton termasuk saya namun apa yang dihadirkan dari awal sudahlah bagus sehingga jika endingnya memang membuat penonton penasaran rasanya memang tepat guna terbukanya suatu sekuel yang pastinya akan sangat ditunggu oleh para moviegoer yang kadung jatuh hati akan aksi dari Salt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar